Tuesday, January 15, 2013

PERTOLONGAN PERTAMA PADA CEDERA UMUM

Mengatasi Mimisan

Mimisan atau perdarahan hidung terjadi karena pembuluh darah dalam hidung pecah. Karena jaringan ini sangat halus, ini bisa terjadi dengan mudah.

Apa yang harus dilakukan segera: Duduk dan majukan badan sedikit ke depan dan tekan hidung Anda tepat di bawah tulang, di tulang rawan dan tulang hidung (lihat gambar). Tekan selama 5 sampai 15 menit.

Apa yang tidak boleh dilakukan:  Mendongakkan kepala Anda ke arah atas. "Anda mungkin akan menelan darah, dan beberapa berpotensi masuk paru-paru Anda," kata David Markenson, MD, ketua Dewan Penasehat Palang Merah Amerika pada pertolongan pertama dan Keselamatan.
Kapan  mencari pertolongan medis: Hubungi dokter Anda jika Anda tidak dapat menghentikan perdarahan setelah 20 menit, jika mimisan terjadi secara spontan, atau jika itu menyertai sakit kepala, pusing, dengung di telinga, atau penglihatan kabur.

Sebuah benda di Mata
Apa pun yang mengenai mata Anda, apakah itu pasir atau setitik bahan kimia, dapat menyebabkan rasa sakit dan dapat merusak kornea.
Apa yang harus dilakukan segera: Cobalah untuk mengusir partikel kecil dengan berkedip beberapa kali. Jika tidak keluar, bilas mata di bawah keran air bersih yang mengalir (bila anda memakai lensa kontak, lepaskan terlebih dahulu).

Apa yang tidak boleh dilakukan: Jangan menggosok mata Anda. Bahkan sepotong kecil kotoran dapat menggores kornea dan menyebabkan infeksi.

Kapan mencari bantuan medis: Jika Anda terpercik bahan kimia (seperti pemutih) di mata Anda atau benda yang menempel di mata itu tidak mau hilang, segera pergi ke dokter. Untuk iritasi ringan, hubungi dokter mata Anda jika mata Anda masih menyengat atau bengkak setelah dibilas air atau jika Anda memiliki masalah penglihatan.
Keseleo
Terkilir terjadi ketika ligamen di sekitar sendi yang ditarik di luar jangkauan normal mereka. Terkilir sering disertai dengan memar dan pembengkakan.

Apa yang harus dilakukan segera: Kompres dengan es di bagian yang bengkak itu setiap 20 menit pada hari pertama keseleo. Bungkus sendi dengan perban. Diamkan cedera selama minimal 24 jam, setelah itu kompres hangat untuk untuk membantu aliran darah ke daerah tersebut.

Apa yang tidak boleh dilakukan: Tetap memaksa bagian tubuh itu bekerja/bergerak, kata Art Hsieh, kepala operasional kantor Asosiasi Paramedis San Francisco, atau Anda berisiko melakukan kerusakan yang lebih serius, seperti merobek ligamen.
Kapan untuk mencari pertolongan medis: Jika luka tidak membaik dalam beberapa hari, Anda mungkin memiliki fraktur atau robekan otot atau ligamen; telepon dokter.
Terbakar
Luka bakar tingkat Pertama menghasilkan kemerahan; luka bakar tingkat dua menyebabkan lepuh; luka bakar tingkat tiga menghasilkan kulit rusak atau menghitam.

Apa yang harus dilakukan segera: Tempatkan bagian terbakar di bawah air dingin mengalir, air di bak mandi, atau handuk basah. Perban longgar luka bakar tingkat pertama atau kedua untuk perlindungan.

Apa yang tidak boleh dilakukan: Melakukan kompres es pada luka bakar berat. "Es dapat merusak kulit dan memperburuk cedera," kata Markenson. Jangan dibalut. Jangan gunakan antibiotik untuk luka bakar atau mentega karena dapat memperluas infeksi.

Kapan mencari bantuan medis: telepon ambulans untuk luka bakar tingkat ketiga, listrik, dan kimia atau jika korban batuk, mata berair, atau mengalami kesulitan bernapas. Pergi ke UGD untuk luka bakar tingkat kedua yang lebih besar dari telapak Anda pengobatan dapat mencegah jaringan parut.

 

© 2013 BLOG WENDY GOXIL. All rights resevered. Designed by Templateism | Blogger Templates

Back To Top